Bacaan Doa Iftitah Dalam Shalat dan Artinya

Doa iftitah termasuk salah satu bacaan doa dalam shalat, dibaca setelah takbir pertama atau takbiratul ihram dan sebelum membaca surat Fatihah, yakni antara keduanya. Hukum membacanya sunnah baik untuk imam, makmum maupun ketika shalat sendirian dan termasuk dalam kategori sunnah hayyiah, apabila ditinggalkan maka tidak perlu sujud sahwi. Dibaca secara sirr artinya cukup dibaca tanpa mengeluarkan suara dan apabila di jahr-kan atau dengan bersuara maka tidak membatalkan shalat.

Berikut Bacaan Doa Iftitah :

اَلله أَكْبَر كَبِيْرًا وَالحَمْدُلِلَّهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ الله بُكْرَةً وَأَصِيْلاً . وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنَ المُشْرِكِيْن . إِنَّ صَلاَتِي وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِيْن لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ المُسْلِمِيًن.


Bacaan Doa Iftitah
“Allaahu akbar kabiiraaw wal hamdu lillaahi katsiraw wasub-haanallaahi bukrataw wa ashiila. Inni wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas samaawaati wal-ardha, haniifam muslimaw wamaa ana minal musyrikiin. Inna shalaati wanusukii wamah yaaya wama maatii lillaahi rabbil ‘alaamiina. Laasyariika lahu wabidzaalika umirtu wa ana minal muslimiina.”
Arti Doa Iftitah
“Allah Maha Besar lagi sempurna kebesarannya, segala puji bagi Allah dan Maha Suci Allah sepanjang pagi dan sore. Ku hadapkan muka dan hatiku kepada Dzat yang menciptakan langit dan bumi dengan keadaan lurus dan berserah diri dan aku bukanlah dari golongan kaum musrik. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah karena Allah, Tuhan semesta alam. Tidak ada sekutu bagiNya, demikianlah aku diperintah dan aku termasuk golongan orang-orang muslim.”

40 Responses to "Bacaan Doa Iftitah Dalam Shalat dan Artinya"

  1. Makasih gan Do'a Iftitahnya, membantu ane buat menghafal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok gan sama2. mudah2an cepat hafal.

      #amin

      Delete
  2. mksh gan,ane tahu skrng yang prtma musrikin yg trakhr muslimin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama gan, ane juga ragu2 sama yg belakang. Td nya pake yg "allahumma bait baini....". Trimakasih sudah diberi penjelasan gan.

      Delete
  3. Makasih gan...ane jd tau bacaannya....terkadang suka ada yg klewat bacaannya

    ReplyDelete
  4. Terima kasih mas ahmad atas sharingnya. Semoga Allah membalasnya dengan pahala yg setimpal, dan memudahkan segala urusan mas ahmad...

    ReplyDelete
  5. Aslmlkm, mau tanya ko baru2 ini saya denger dr ustad ktnya ga pake (INI) jd abis WASUBHAANALLAAHIBUKRATAW WA ASHIILA langsung (WAJJAHTU) danseterusnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai gan. Kata bpk/ibu guru dan pak haji pakai gan

      Delete
  6. arabnya kurang tuh gan,, inni wajahtu, inni ya gak ada,, :)

    ReplyDelete
  7. arabnya kurang tuh gan,, inni wajahtu, inni ya gak ada,, :)

    ReplyDelete
  8. Kalo dalem alqur'an, pas bgian terakhirnya, bukan 'minal muslimin' tapi 'awwalu muslimin' afwan, tapi saya lupa surah apa dan ayat berapa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masak sih tapi yang saya dapat di sekolahan akhirannya Minal muslimin dan dari buku yang berjudul "Tuntunan Shalat" juga gitu gan.

      Delete
  9. Mohon maaf, Mas.. Saya tambahkan link mengenai beberapa variasi/maca doa iftitah http://muslim.or.id/fiqh-dan-muamalah/macam-%E2%80%93-macam-doa-istiftah.html Nah, nampaknya doa yang disampaikan di atas masih ada sambungannya dan panjang. Kalau berat menghafalnya, bisa ambil yang pendek, misalnya: alhamdullilahi hamdan katsiran toyyiban mubarokan fiih (Hadits Muslim 2/99)..
    Semoga Allah Subhanau Wa Taala senantiasa memberikan kebaikan.

    ReplyDelete
  10. makasih gan, aku td pas sholat isya aku lupa bacaan doa iftitah, padahal biasanya aku hafal. Tp tiba2 aku bisa lupa sama sekali. Berkat tulisan agan aku jd ingat kembali.
    Sekali aku ucapkan terima kasih.

    ReplyDelete
  11. Boleh tidak membaca allohu akbart

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh gan asal memang enggak hafal beneran, kalau bisa hafalin lebih bagus gan

      Delete
  12. Makasih ya gan ,berguna banget yg td salah2 jd bisa ,krn suka ada yg kelewat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok gan sama2 moga lancar dan tidak ada yang lupa lagi

      Delete
  13. Makasih ya gan ,berguna banget yg td salah2 jd bisa ,krn suka ada yg kelewat

    ReplyDelete
  14. Mohon diperbetulkan bacaan. Sesungguhnya dua ayat terakhir adalah ayat alquran Qs6:162-163. Jika diikutkan maksud sebenar dari ayat alquran " dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)". Tp telah berubah, menjadi sebahagian muslimin. Fikirkan2, adakah mau ikut Qalamullah atau kalam manusia? Renung2kan

    ReplyDelete
  15. @abu bakar: Kalau 'Wa ana awwalul muslimiin' (dan aq adalah yg pertama2 berserah diri (muslim)) bukankan ayat itu ditujukan kpd Nabi Muhammad? Dan kita, apakah org yg pertama kali muslim? Kalo merujuk ke dua ayat tsb, yg ada hny dr 'Inna sholatii', kalimat sblumnya itu ga ada. Yg hrus kita prtnyakan adlh asal muasal doa iftitah. Utk itu mari brtanya pd yg lbh ahlinya. Wallahu A'lam...

    ReplyDelete
  16. Makasih atas infonya gan,,membantu bngt,,soalnya kdng sk lupa muslimin dluan ato musyrikinn,, (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama - sama gan. mudah mudahan dengan ini tidak terballik kembali. amin

      Delete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Missing 'Inni' wajjahtu...

    اِنِّىْ وَجَّهْتُ وَجْهِىَ لِلَّذِىْ فَطَرَالسَّمَوَتِ وَاْلاَرْضَ حَنِيْفًاوَّمَآاَنا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ

    Wallahualam

    ReplyDelete
  19. Mantaaap ALLAH akan mmblz surga bgi org2 yg mmdah kan ajaran islam u/ org lain

    ReplyDelete

Para pengurus Blog AHMADSHARED Tidak selalu Online untuk memantau Komentar yang Masuk, Jadi tolong berikan Komentar Anda dengan Pantas dan Layak dikonsumsi oleh Publik. No SARA, SPAM dan Sejenisnya.