Bacaan Doa Iftitah Dalam Shalat dan Artinya

Doa iftitah termasuk salah satu bacaan doa dalam shalat, dibaca setelah takbir pertama atau takbiratul ihram dan sebelum membaca surat Fatihah, yakni antara keduanya. Hukum membacanya sunnah baik untuk imam, makmum maupun ketika shalat sendirian dan termasuk dalam kategori sunnah hayyiah, apabila ditinggalkan maka tidak perlu sujud sahwi. Dibaca secara sirr artinya cukup dibaca tanpa mengeluarkan suara dan apabila di jahr-kan atau dengan bersuara maka tidak membatalkan shalat.

Berikut Bacaan Doa Iftitah :

اَلله أَكْبَر كَبِيْرًا وَالحَمْدُلِلَّهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ الله بُكْرَةً وَأَصِيْلاً . وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنَ المُشْرِكِيْن . إِنَّ صَلاَتِي وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِيْن لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ المُسْلِمِيًن.


Bacaan Doa Iftitah
“Allaahu akbar kabiiraaw wal hamdu lillaahi katsiraw wasub-haanallaahi bukrataw wa ashiila. Inni wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas samaawaati wal-ardha, haniifam muslimaw wamaa ana minal musyrikiin. Inna shalaati wanusukii wamah yaaya wama maatii lillaahi rabbil ‘alaamiina. Laasyariika lahu wabidzaalika umirtu wa ana minal muslimiina.”
Arti Doa Iftitah
“Allah Maha Besar lagi sempurna kebesarannya, segala puji bagi Allah dan Maha Suci Allah sepanjang pagi dan sore. Ku hadapkan muka dan hatiku kepada Dzat yang menciptakan langit dan bumi dengan keadaan lurus dan berserah diri dan aku bukanlah dari golongan kaum musrik. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah karena Allah, Tuhan semesta alam. Tidak ada sekutu bagiNya, demikianlah aku diperintah dan aku termasuk golongan orang-orang muslim.”
Title : Bacaan Doa Iftitah Dalam Shalat dan Artinya
Description : Doa iftitah termasuk salah satu bacaan doa dalam shalat, dibaca setelah takbir pertama atau takb...

40 komentar

revolunteers delete 30 May 2013 19:01

Makasih gan Do'a Iftitahnya, membantu ane buat menghafal :)

Iwan Agus delete 1 June 2013 02:54

mksh gan,ane tahu skrng yang prtma musrikin yg trakhr muslimin

Admin - Ahmad Adzan delete 6 June 2013 21:41

ok gan sama2. mudah2an cepat hafal.

#amin

Admin - Ahmad Adzan delete 6 June 2013 21:42

ok gan sama2.

ANGGA WISESA delete 9 June 2013 10:14

Makasih gan...ane jd tau bacaannya....terkadang suka ada yg klewat bacaannya

Admin - Ahmad Adzan delete 10 June 2013 05:38

ok gan sama2

Eko Maulana delete 9 July 2013 15:33

Terima kasih mas ahmad atas sharingnya. Semoga Allah membalasnya dengan pahala yg setimpal, dan memudahkan segala urusan mas ahmad...

Unknown delete 14 July 2013 20:54

Aslmlkm, mau tanya ko baru2 ini saya denger dr ustad ktnya ga pake (INI) jd abis WASUBHAANALLAAHIBUKRATAW WA ASHIILA langsung (WAJJAHTU) danseterusnya

aan delete 18 July 2013 03:31

arabnya kurang tuh gan,, inni wajahtu, inni ya gak ada,, :)

aan delete 18 July 2013 03:31

arabnya kurang tuh gan,, inni wajahtu, inni ya gak ada,, :)

aresha delete 16 August 2013 06:19

Kalo dalem alqur'an, pas bgian terakhirnya, bukan 'minal muslimin' tapi 'awwalu muslimin' afwan, tapi saya lupa surah apa dan ayat berapa.

midak anatram delete 19 August 2013 12:13

Mohon maaf, Mas.. Saya tambahkan link mengenai beberapa variasi/maca doa iftitah http://muslim.or.id/fiqh-dan-muamalah/macam-%E2%80%93-macam-doa-istiftah.html Nah, nampaknya doa yang disampaikan di atas masih ada sambungannya dan panjang. Kalau berat menghafalnya, bisa ambil yang pendek, misalnya: alhamdullilahi hamdan katsiran toyyiban mubarokan fiih (Hadits Muslim 2/99)..
Semoga Allah Subhanau Wa Taala senantiasa memberikan kebaikan.

YOZORA delete 16 September 2013 09:22

makasih gan, aku td pas sholat isya aku lupa bacaan doa iftitah, padahal biasanya aku hafal. Tp tiba2 aku bisa lupa sama sekali. Berkat tulisan agan aku jd ingat kembali.
Sekali aku ucapkan terima kasih.

Aan Kurniawan delete 11 October 2013 02:11

Boleh tidak membaca allohu akbart

bayu kurniawan delete 23 October 2013 08:46

Sama gan, ane juga ragu2 sama yg belakang. Td nya pake yg "allahumma bait baini....". Trimakasih sudah diberi penjelasan gan.

Fatimah Azzahra delete 31 October 2013 21:06

Makasih ya gan ,berguna banget yg td salah2 jd bisa ,krn suka ada yg kelewat

Fatimah Azzahra delete 31 October 2013 21:06

Makasih ya gan ,berguna banget yg td salah2 jd bisa ,krn suka ada yg kelewat

amrie levie delete 3 November 2013 07:46

makasih bgt bang,,,,,,,,,

abu bakar delete 7 November 2013 05:42

Mohon diperbetulkan bacaan. Sesungguhnya dua ayat terakhir adalah ayat alquran Qs6:162-163. Jika diikutkan maksud sebenar dari ayat alquran " dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)". Tp telah berubah, menjadi sebahagian muslimin. Fikirkan2, adakah mau ikut Qalamullah atau kalam manusia? Renung2kan

Nikmah Agustin delete 17 November 2013 13:20

@abu bakar: Kalau 'Wa ana awwalul muslimiin' (dan aq adalah yg pertama2 berserah diri (muslim)) bukankan ayat itu ditujukan kpd Nabi Muhammad? Dan kita, apakah org yg pertama kali muslim? Kalo merujuk ke dua ayat tsb, yg ada hny dr 'Inna sholatii', kalimat sblumnya itu ga ada. Yg hrus kita prtnyakan adlh asal muasal doa iftitah. Utk itu mari brtanya pd yg lbh ahlinya. Wallahu A'lam...

klik-rudi delete 24 November 2013 02:28

subhanallah

naqiuddin abu bakar delete 25 November 2013 11:02

thank bro..

permata hati delete 14 December 2013 22:35

mohon izin copy ....

permata hati delete 14 December 2013 22:40

mohon izin copy ....

Yoga Rahman delete 20 February 2014 01:26

Makasih atas infonya gan,,membantu bngt,,soalnya kdng sk lupa muslimin dluan ato musyrikinn,, (y)

Admin - Ahmad delete 26 March 2014 22:50

Amin. Makasih atas do'anya gan

Admin - Ahmad delete 26 March 2014 22:52

Pakai gan. Kata bpk/ibu guru dan pak haji pakai gan

Admin - Ahmad delete 26 March 2014 22:53

Ok gan Akan segera diperbaiki.

Admin - Ahmad delete 26 March 2014 22:56

Masak sih tapi yang saya dapat di sekolahan akhirannya Minal muslimin dan dari buku yang berjudul "Tuntunan Shalat" juga gitu gan.

Admin - Ahmad delete 26 March 2014 22:59

Ok gan sama2

Admin - Ahmad delete 26 March 2014 23:00

boleh gan asal memang enggak hafal beneran, kalau bisa hafalin lebih bagus gan

Admin - Ahmad delete 26 March 2014 23:00

Ok gan sama2 moga lancar dan tidak ada yang lupa lagi

Admin - Ahmad delete 26 March 2014 23:01

Ok sama - sama gan.

Admin - Ahmad delete 26 March 2014 23:02

Sama -sama gan

Admin - Ahmad delete 26 March 2014 23:03

Silahkan gan.

Admin - Ahmad delete 26 March 2014 23:04

sama - sama gan. mudah mudahan dengan ini tidak terballik kembali. amin

Abg Din delete 6 April 2014 20:13
This comment has been removed by the author.
Abg Din delete 6 April 2014 20:15

Missing 'Inni' wajjahtu...

اِنِّىْ وَجَّهْتُ وَجْهِىَ لِلَّذِىْ فَطَرَالسَّمَوَتِ وَاْلاَرْضَ حَنِيْفًاوَّمَآاَنا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ

Wallahualam

Nawier_cfc delete 5 May 2014 03:59

Mantaaap ALLAH akan mmblz surga bgi org2 yg mmdah kan ajaran islam u/ org lain

Admin - Ahmad delete 10 May 2014 17:11

Amin

Para pengurus Blog AHMADSHARED Tidak selalu Online untuk memantau Komentar yang Masuk, Jadi tolong berikan Komentar Anda dengan Pantas dan Layak dikonsumsi oleh Publik. No SARA, SPAM dan Sejenisnya.

Konversi KodeEmoticon